SEKAR Edisi Maret 2023: Artikel Lingkungan dan Pendidikan | Nur Khasanah dan Ro'idah Salma

 Artikel 1

Judul                         Analisis Potensi Emisi CO2 oleh Berbagai Jenis Kendaraan                                                                      Bermotor di Jalan Raya Kemantren Kabupaten Sidoarjo

Authors                      : Nur Kasanah, Sudarti dan Yushardi

Jurnal                         : Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan

Tahun Publish            : 2022

Volume                       : 9

No                               : 2

Halaman                     : 70-75

DOI                            : http://dx.doi.org/10.21776/ub.jsal.2022.009.02.4

URL                            : https://jsal.ub.ac.id/index.php/jsal/article/view/498

 

Abstrak : Kendaraan bermotor merupakan faktor penyumbang polusi udara yang berperan tinggi. Salah satu polutan yang dihasilkan kendaraan bermotor adalah CO2, sehingga peningkatan kendaraan bermotor akan mendorong banyaknya potensi emisi COdan mencemari udara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi emisi CO2 dari berbagai jenis kendaraan bermotor. Metode pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung terhadap jumlah dari masing-masing kendaraan bermotor selama tiga puluh menit serta studi literatur untuk mengetahui seberapa besar CO2 yang dihasilkan oleh setiap jenis kendaraan bermotor. Studi literatur yang dilakukan untuk mengetahui faktor emisi dan persamaan sesuai dengan IPCC 2006. Hasil dan pembahasan didapat dari pengambilan data (n) jumlah kendaraan bermotor kend.30 menit-1, (FE) faktor emisi g.liter-1, (K) konsumsi bahan bakar liter.km-1 dan perhitungan potensi emisi CO2. Berdasarkan pengambilan data dan perhitungan yang diperoleh menunjukkan jenis kendaraan bermotor  berupa sepeda motor dan mobil ialah penyumbang terbanyak dengan potensi emisi CO2 sebesar 67,568.26 (g.30 menit-1.km-1) dan mobil sebesar 63,335.30 (g.30 menit-1.km-1).


Artikel 2

Judul                     : Analisis Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Hukum II Newton                                             Terintegrasi PHET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Nuris Jember

Authors                  : Nur Kasanah, Ro’idah Salma, Ronald Fransisco Hafana, Pria Nur Wulandari

Jurnal                     : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako

Tahun Publish        : 2022

Volume                   : 10

No                          : 1

Halaman                : 59-63

DOI                        https://doi.org/10.22487/jpft.v10i1.2337

URL                       https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft/article/view/2337

 

 

Abstrak :

Pembelajaran  saat  ini  khususnya  pembelajaran  fisika,  berdasarkan  hasil  observasi  masih mengalami kendala. Salah satu kendala dari pembelajaran fisika adalah  kecenderungan  siswa  yang  pasif  di  kelas  dan  hasil  belajar  yang  tidak  maksimal.  Berdasarkan  hasil observasi, dilakukan  penelitian  efektivitas  media pembelajaran  PhET Simulation.  Penelitian  ini  bertujuan guna  mengetahui  efektivitas  dari  penggunaan  media  pembelajaran  Simulasi  PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa SMA Nuris Jember. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif dan  metode  kuantitatif.  Pengambilan  data  dilakukan  secara  langsung  menggunakan  media Lembar  Kerja  Peserta  Didik  (LKPD)  terintegrasi  PhET Simulation.    Variabel  control  dari penelitian  ini  adalah  Lembar  Kerja  Peserta  Didik  (LKPD)  dan  media  PhET Simulation. Variabel bebas yang digunakan ialah kelompok kelas yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 SMA Nuris Jember. Variabel terikatnya ialah hasil belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan dari pre test dan post test yang  telah dikerjakan  oleh  siswa.  Didapatkan  nilai pre test lebih  rendah dibandingkan dengan nilai post test.  Hal  ini  ditunjukkan  oleh  nilai  rata  rata  siswa  ialah 48,53 dan nilai rata rata hasil belajar post test ialah 86,58. Nilai gain yang diperoleh ialah 0,58. Kesimpulan dari penelitian ini ialah media pembelajaran PhET Simulation mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika Hukum II Newton. Peningkatan hasil belajar siswa terkategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,58.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKAR Edisi Bulan Mei-Juni 2023 | Jalan yang Terang untuk yang Bertahan oleh Bella Najwa Muzdha

PROFIL

LITERAFILM: HOME SWEET LOAN (2024)