SEKAR Edisi Maret 2023: Artikel Lingkungan dan Pendidikan | Nur Khasanah dan Ro'idah Salma
Artikel 1
Judul : Analisis Potensi Emisi CO2 oleh Berbagai Jenis Kendaraan Bermotor di Jalan Raya Kemantren Kabupaten Sidoarjo
Authors : Nur Kasanah, Sudarti dan Yushardi
Jurnal : Jurnal Sumberdaya Alam dan Lingkungan
Tahun Publish : 2022
Volume : 9
No : 2
Halaman : 70-75
DOI : http://dx.doi.org/10.21776/ub.jsal.2022.009.02.4
Abstrak : Kendaraan
bermotor merupakan faktor penyumbang polusi udara yang berperan tinggi. Salah
satu polutan yang dihasilkan kendaraan bermotor adalah CO2, sehingga
peningkatan kendaraan bermotor akan mendorong banyaknya potensi emisi CO2 dan
mencemari udara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi
emisi CO2 dari berbagai jenis kendaraan bermotor. Metode
pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung terhadap jumlah dari masing-masing kendaraan bermotor selama tiga puluh menit serta studi literatur untuk
mengetahui seberapa besar CO2 yang dihasilkan oleh setiap jenis
kendaraan bermotor. Studi literatur yang dilakukan untuk mengetahui faktor
emisi dan persamaan sesuai dengan IPCC 2006. Hasil dan pembahasan didapat dari
pengambilan data (n) jumlah kendaraan bermotor kend.30 menit-1, (FE)
faktor emisi g.liter-1, (K) konsumsi bahan bakar liter.km-1 dan
perhitungan potensi emisi CO2. Berdasarkan pengambilan data dan
perhitungan yang diperoleh menunjukkan jenis kendaraan bermotor berupa
sepeda motor dan mobil ialah penyumbang terbanyak dengan potensi emisi CO2 sebesar
67,568.26 (g.30 menit-1.km-1) dan mobil sebesar 63,335.30
(g.30 menit-1.km-1).
Artikel 2
Judul : Analisis Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Hukum II Newton Terintegrasi PHET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Nuris Jember
Authors : Nur Kasanah, Ro’idah Salma, Ronald Fransisco Hafana, Pria Nur Wulandari
Jurnal : Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako
Tahun Publish : 2022
Volume : 10
No : 1
Halaman : 59-63
DOI : https://doi.org/10.22487/jpft.v10i1.2337
URL : https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft/article/view/2337
Abstrak :
Pembelajaran saat
ini khususnya pembelajaran
fisika, berdasarkan hasil
observasi masih mengalami
kendala. Salah satu kendala dari pembelajaran fisika adalah kecenderungan
siswa yang pasif
di kelas dan
hasil belajar yang
tidak maksimal. Berdasarkan
hasil observasi, dilakukan
penelitian efektivitas media pembelajaran PhET Simulation. Penelitian
ini bertujuan guna mengetahui
efektivitas dari penggunaan
media pembelajaran Simulasi
PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa SMA Nuris Jember. Metode
yang digunakan ialah metode deskriptif dan
metode kuantitatif. Pengambilan
data dilakukan secara
langsung menggunakan media Lembar
Kerja Peserta Didik
(LKPD) terintegrasi PhET Simulation. Variabel
control dari penelitian ini
adalah Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD)
dan media PhET Simulation. Variabel bebas yang
digunakan ialah kelompok kelas yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3
SMA Nuris Jember. Variabel terikatnya ialah hasil belajar siswa. Hasil
penelitian didapatkan dari pre test dan post test yang telah dikerjakan oleh
siswa. Didapatkan nilai pre test lebih rendah dibandingkan dengan nilai
post test. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai
rata rata siswa ialah 48,53 dan nilai rata rata hasil belajar
post test ialah 86,58. Nilai gain yang diperoleh ialah 0,58. Kesimpulan dari
penelitian ini ialah media pembelajaran PhET Simulation mampu meningkatkan
hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika Hukum II Newton. Peningkatan hasil
belajar siswa terkategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,58.
Komentar
Posting Komentar