Humas dalam Perkembangan Era Saat Ini I Divisi Humas

HUMAS DALAM PERKEMBANGAN ERA SAAT INI

 

            Humas, merupakan bagian penting dalam suatu organisasi. Sebelum itu, kita kenal humas sebagai sosok yang mengurus persuratan, izin, mengurus lokasi, hingga menghubungi pihak-pihak yang penting. Padahal humas disini memiliki konteks yang sangat luas, bahkan humas tidak hanya berhenti di organisasi saja dan meluas di dunia kerja. Humas atau bisa kita sebut public relation mememerlukan skill yang sangat beragam. Skill yang beragam itu bisa seperti komunikasi, negosiasi, empati, dan memiliki skill personalisasi yang tinggi. Kemajuan teknologi yang terjadi juga mempengaruhi bagaimana proses kerja para humas. Hal tersebut memudahkan dan juga mempersulit proses kerja para Public Relation atau humas.

            Konsep humas ini sudah dikenal sejak lama. Sejarah mengatakan bahwasannya humas modern pertama dikenalkan oleh Ivy Lee dalam menyelesaikan konflik antara dua pihak, yaitu buruh batubara dan pengusaha batu bara tersebut. Humas sendiri memiliki 3 peran inti dalam menjalankan roda organisasi. Peran pertama humas adalah sebagai penasihat ahli. Memiliki jobdesk yang hampir sama seperti sekretaris, humas bertugas dalam memberikan nasehat, usulan, dan solusi yang bermutu untuk diberikan kepada organisasi, perusahaan, atau individu tertentu. Peran kedua humas tidak lain dan tidak bukan adalah moderator/fasilitator dalam komunikasi. Humas menjadi penjembatan untuk pihak-pihak eksternal dalam berkomunikasi dengan organisasi atau perusahaan. Tujuannya untuk menciptakan ruang bicara yang efisien dan tertata sehingga tercapainya tujuan dihubungkannya kedua pihak tersebut. Humas juga berperan dalam menjadi teknisi komunikasi, seperti rumor yang sudah banyak beredar bahwasannya, “anak humas itu jago ngomong”. Padahal tidak demikian, tetapi memang kami para humas memiliki kapasitas dalam berkomunikasi yang cukup baik dari beberapa anggota lain di divisi lain.

          Humas di organisasi dan di perusahaan merupakan 2 hal yang berbeda menurut penulis. Dimana kesan humas di organisasi masih terlalu simpel, apalagi akibat dari perkembangan zaman saat ini humas memiliki makna yang sangat luas. Humas dikenal juga sebagai public relations. Dalam ilmu marketing 360, mereka bertugas dalam menjalankan sebuah event baik secara online maupun offline guna mengaktifkan brand yang dimiliki oleh perusahaan atau bisa dikenal sebagai brand activation. Harapan dari perusahaan nantinya humas dapat meningkatkan insight dan masyarakat tertarik untuk menggunakan produk / jasa dari perusahaan yang dimaksud.

Kemudian humas dalam perusahaan disini bisa dibilang agak multitalent ya. Humas bertugas dalam mengkomunikasikan event yang perlu diadakan untuk csr perusahaan ataupun meningkatkan kinerja karyawan seperti pelatihan. Humas juga menjadi bagian dalam berkomunikasi dengan stakeholder luar dan menjalin relasi sehingga kredibilitas perusahaan meningkat dan terus terjaga. Terakhir yang agak mencengangkan adalah humas bertugas dalam membuat konten dan merancang konten untuk sosial media serta membuat proposal yang nanitnya digunakan untuk melakukan kolaborasi, menjangkau lebih banyak stakeholder, hingga menawarkan sponsorship untuk suatu event. Gimana? Banyak dan luas banget kan tugas humas?

Kemudian berbicara tentang humas, humas  di Sahabat Perpustakaan tidak kalah seru kok. Tim humas sendiri memiliki beberapa proker seperti sambang internal, sambang eksternal, webinar, hingga sumbang buku. Ke-4 proker ini dilaksanakan tidak hanya untuk memperkenalkan SP itu apa tetapi juga untuk tujuan kemanusiaan dan contohnya adalah sumbang buku. Pemantapan kinerja rekan humas juga terukur melalui rapat yang diadakan setiap bulan guna memberikan evaluasi terhadap proker yang akan dilaksanakan dan event sahabat perpustakaan yang akn diselenggarakan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEKAR Edisi Bulan Mei-Juni 2023 | Jalan yang Terang untuk yang Bertahan oleh Bella Najwa Muzdha

PROFIL

LITERAFILM: HOME SWEET LOAN (2024)