Humas dalam Perkembangan Era Saat Ini I Divisi Humas
HUMAS
DALAM PERKEMBANGAN ERA SAAT INI
Humas, merupakan bagian penting
dalam suatu organisasi. Sebelum itu, kita kenal humas sebagai sosok yang
mengurus persuratan, izin, mengurus lokasi, hingga menghubungi pihak-pihak yang
penting. Padahal humas disini memiliki konteks yang sangat luas, bahkan humas
tidak hanya berhenti di organisasi saja dan meluas di dunia kerja. Humas atau
bisa kita sebut public relation mememerlukan skill yang sangat beragam. Skill
yang beragam itu bisa seperti komunikasi, negosiasi, empati, dan memiliki skill
personalisasi yang tinggi. Kemajuan teknologi yang terjadi juga mempengaruhi
bagaimana proses kerja para humas. Hal tersebut memudahkan dan juga mempersulit
proses kerja para Public Relation atau humas.
Konsep humas ini sudah dikenal sejak
lama. Sejarah mengatakan bahwasannya humas modern pertama dikenalkan oleh Ivy
Lee dalam menyelesaikan konflik antara dua pihak, yaitu buruh
batubara dan pengusaha batu bara tersebut. Humas sendiri memiliki 3 peran inti
dalam menjalankan roda organisasi. Peran pertama humas adalah sebagai penasihat
ahli. Memiliki jobdesk yang hampir
sama seperti sekretaris, humas bertugas dalam memberikan nasehat, usulan, dan
solusi yang bermutu untuk diberikan kepada organisasi, perusahaan, atau
individu tertentu. Peran kedua humas tidak lain dan tidak bukan adalah
moderator/fasilitator dalam komunikasi. Humas menjadi penjembatan untuk
pihak-pihak eksternal dalam berkomunikasi dengan organisasi atau perusahaan.
Tujuannya untuk menciptakan ruang bicara yang efisien dan tertata sehingga
tercapainya tujuan dihubungkannya kedua pihak tersebut. Humas juga berperan
dalam menjadi teknisi komunikasi, seperti rumor yang sudah banyak beredar
bahwasannya, “anak humas itu jago ngomong”. Padahal tidak demikian, tetapi
memang kami para humas memiliki kapasitas dalam berkomunikasi yang cukup baik
dari beberapa anggota lain di divisi lain.
Humas di organisasi dan di perusahaan merupakan 2 hal yang
berbeda menurut penulis. Dimana kesan humas di organisasi masih terlalu simpel,
apalagi akibat dari perkembangan zaman saat ini humas memiliki makna yang
sangat luas. Humas dikenal juga sebagai public relations. Dalam ilmu marketing
360, mereka bertugas dalam menjalankan sebuah event baik secara online maupun
offline guna mengaktifkan brand yang dimiliki oleh perusahaan atau bisa dikenal
sebagai brand activation. Harapan
dari perusahaan nantinya humas dapat meningkatkan insight dan masyarakat
tertarik untuk menggunakan produk / jasa dari perusahaan yang dimaksud.
Kemudian
humas dalam perusahaan disini bisa dibilang agak multitalent ya. Humas bertugas dalam mengkomunikasikan event yang
perlu diadakan untuk csr perusahaan ataupun meningkatkan kinerja karyawan
seperti pelatihan. Humas juga menjadi bagian dalam berkomunikasi dengan
stakeholder luar dan menjalin relasi sehingga kredibilitas perusahaan meningkat
dan terus terjaga. Terakhir yang agak mencengangkan adalah humas bertugas dalam
membuat konten dan merancang konten untuk sosial media serta membuat proposal
yang nanitnya digunakan untuk melakukan kolaborasi, menjangkau lebih banyak
stakeholder, hingga menawarkan sponsorship untuk suatu event. Gimana? Banyak
dan luas banget kan tugas humas?
Kemudian
berbicara tentang humas, humas di
Sahabat Perpustakaan tidak kalah seru kok. Tim humas sendiri memiliki beberapa
proker seperti sambang internal, sambang eksternal, webinar, hingga sumbang
buku. Ke-4 proker ini dilaksanakan tidak hanya untuk memperkenalkan SP itu apa
tetapi juga untuk tujuan kemanusiaan dan contohnya adalah sumbang buku.
Pemantapan kinerja rekan humas juga terukur melalui rapat yang diadakan setiap
bulan guna memberikan evaluasi terhadap proker yang akan dilaksanakan dan event
sahabat perpustakaan yang akn diselenggarakan
Komentar
Posting Komentar